Indeks Kepuasan Masyarakat

oleh : Teguh Rubedo

Pada tanggal 27 April sampai 18 Mei telah dilakukan  kegiatan survey tentang kepusan masyarakat terhadap kinerja unit pelayanan publik oleh Bagian Organisasi dan Setda Bantul terhadap  5 kecamatan dan 5 Puskesmas yaitu :

  1. Kecamatan Jetis
  2. Kecamatan Kasihan
  3. Kecamatan Pundong
  4. Kecamatan Bambanglipuro
  5. Kecamatan Pandak
  6. Puskesmas Sewon 1
  7. Puskesmas Jetis 1
  8. Puskesmas Pundong
  9. Puskesmas Pajangan
  10. Puskesmas Pandak  1

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan berdasarkan

  1. Kep/M.PAN/2/2004
  2. Kegiatan Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat ; Dokumen Palaksanaan anggaran bagian Organisasi tahun 2009
  3. Surat tugas Sekda Kabupaten Bantul No : 094/1766 tentang Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan publik melalui pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pengguna jasa di Kecamatan dan Puskesmas.

Hasil analisis data menunjukan bahwa Nilai IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) Puskesmas relatif lebih tinggi dibanding dengan nilai IKM Kecamatan yang dapat dilihat dari gambar berikut ini :

Gafik IKM Unit

Indeks kepuasan ini relatif bisa menjawab keraguan tentang rendahnya kinerja Puskesmas yang selama ini disinyalir  oleh pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat.  Di lain pihak memang disadari ada beberapa hal yang masih perlu terus diperbaiki demi meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Kesehatan, Pemerindah daerah termasuk Puskesmas yang bersangkutan. Perbaikan secara fisik dan wajah Puskesmas telah dilaksanakan dan terus dilakukan, perbaikan yang mendesak adalah perbaikan yang menyangkut managemen (man, money, material, material, methode), penataan ketenagaan dan regulasi puskesmas.

Kecukupan ketenagaan di Puskesmas sebaiknya mempertimbankan beberapa hal berikut antara lain : Rawat inap atau rawat jalan, jumlah dan jenis tenaga  yang ada, lama pengabdian,  jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat kesulitan wilayah, jumlah desa, jumlah dusun dan lain sebagainya.

Ditinjau dari sumber dana, Puskesmas memperoleh dana dari :

APBN

  • Jamkesmas sebesar Rp 1000/bulan/jiwa miskin langsung dikelola Puskesmas.

APBD Provinsi

  • Jamkesos sebesar Rp 1000/bulan/jiwa miskin langsung dikelola Puskesmas.
  • PMT balita

APBD Kabupaten

  • dikelola Dinas KesehatanKabupaten

Pendapatan Fungsional (Saat ini semua penghasilan fungsional Puskesmas telah dikembalikan 100%)

  • Retribusi Pasien Umum Rp 3000/pasien rawat jalan
  • Rp 5000/pasien UGD)
  • Tindakan medis sesuai perda.

About puskespajangan

Jl. Pajangan, Sendangsari, Pajangan, Bantul Kode Pos 55751 Telp. 710 1300
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Indeks Kepuasan Masyarakat

  1. Dyah utami says:

    Ada laporan lengkapnya gak pak? Puskesmas dikasih gak? atau ada di bagian organisasi Pemda ya? Soalnya pengen tahu gimana cara ngambil samplenya, kenapa yang dipilih 5 puskesmas tersebut, terus dengan indeks yang dicapai sekitar 70-an, berarti apa yang dirasakan masih kurang oleh masyarakat. but so far… I’m proud for pusk pajangan deh….

  2. Bagus says:

    tahun brp penelitian IKM tsb?

Silahkan tuliskan apabila ada komentar atau saran dari Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s