TUMOR PAYUDARA

TUMOR PAYUDARA

Oleh : dr.  Muhammad SB.

Setiap mamalia (sifatnya menyusui) dan juga manusia kalau berkembang secara normal pasti memiliki payudara. Kegunaan dari payudara sangat banyak antara lain untuk menyusui anaknya.

Perkembangan payudara dimulai sejak bayi namun pertumbuhan pesatnya nampak sejak si anak mengalami menstruasi yang pertama (menarche).

Mengingat bahwa organ ini sangat penting buat kita semua, maka kita harus tahu tanda – tanda yang muncul jika payudaranya mengalami kelainan.

Bagaimanakah cara kita mengetahui kelainan payudara

Sebenarnya sangat mudah melakukannya tinggal kita bayangkan → kemudian kita rasakan → kita lihat → kita raba → kita lakukan pemeriksaan secara lebih mendalam (mamografi).

Hal yang pertama adalah kita bayangkan : gampang saja kita bayangkan bentuk payudara yang normal kemudian kita cocokkan dengan punya kita

Hal yang kedua kita rasakan : paling gampang adalah perasaan nyeri. Rasa nyeri ini bisa terjadi dalam keadaan normal maupun tidak normal. Yang normal adalah perasaan nyeri yang dirasakan sewaktu mendapatkan haid (menstruasi). Perasaan nyeri ini biasanya dirasakan tidak satu sisi tetapi dua-duanya. Adapun perasaan nyeri yang tidak normal adalah saat terjadi infeksi/peradangan, trauma, tumor, dll.

Hal yang ketiga adalah kita lihat : dilakukan dengan duduk di depan kaca → setelah selesai mengamati angkat kedua lengan ke atas kemudian amati lagi.

  1. Kita perhatikan warna kulit pada bagian payudara yang sakit, biasanya akan tampak kemerahan atau malah tampak seperti kulit jeruk (keriput). Warna kemerahan bisa disebabkan karena infeksi, sedangkan kalau terlihat seperti kulit jeruk ini disebabkan karena edema. Kalau muncul seperti gambaran ini kita harus lebih waspada karena bisa jadi gejala kanker.
  2. payudara yang tampak tidak sama besarnya
    Pembesaran payudara, keadaan ini juga bisa terjadi dalam keadaan normal maupun tidak normal. Yang normal adalah pembesaran payudara saat mendapatkan haid dan saat hamil/menyusui.
    Penarikan puting susu, keadaan ini bisa terjadi karena ada sesutu hal di sekitar (bawah) puting entah itu tumor ataupun yang lainya.
  3. Puting susu mengeluarkan cairan. Pengeluaran cairan dari puting susu yang normal terjadi pada saat hamil/menyusui, pengaruh penggunaan pil kontrasepsi yang lama, masa menyusui yang terlalu lama. Sedangkan yang tidak normal apabila cairannya kemerahan, bau busuk ataupun amis disertai keadaan payudara yang tidak normal.

Hal yang keempat adalah kita raba :
Pada perabaan : payudara yang sakit terasa panas, teraba benjolan (empuk, atau keras), sakit saat diraba. Ada teknik – teknik khusus yang dilakukan untuk memeriksa payudara yakni dengan cara melakukan periksa payudara sendiri (SADARI).

Caranya :

  1. Pijatlah pelan-pelan daerah sekitar puting dan amatilah apakah tidak keluar cairan yang tidak normal. Dalam keadaan normal, kedua puting susu: simetris, bebas digerakan, dan hanya mengeluarkan air susu.
  2. Berbaringlah dengan lengan kanan di bawah kepala → letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan → rabalah seluruh permukaan payudara kanan anda dengan tangan kiri, caranya : rabalah dengan 3 pucuk jari tengah yang dirapatkan → lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tapi mantap, dimulai dari pinggir terus ke tengah (puting), dan kembali lagi dari pinggir dengan mengikuti arah putaran jarum jam → perhatikan bila ada benjolan yang mencurigakan. INGAT ! GEJALA PERTAMA dan utama dari kanker payudara adalah timbul benjolan.
  3. Lakukan hal yang sama, tapi dengan lengan kiri di bawah kepala sedang tangan kanan meraba payudra kiri anda.
  4. Bagian payudara sebelah samping (kanan dan kiri) adalah bagian yang paling sering ditemukan tumor payudara.
  5. Bila meraba benjolan yang mencurigakan, konsultasikan segera ke dokter anda.
  6. Lakukan SADARI sekali sebulan setelah haid.

Hal yang kelima ini bisa kita lakukan pada awal atau pada akhir tahap yakni dengan pemeriksaan secara lebih mendalam. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan mamografi. Keuntungan pemeriksaan dengan cara mamografi ini adalah teknik ini diharapkan bisa mendeteksi kelainan payudara seawal mungkin. Jadi kita bisa mengetahui kelainan awal sebelum semuanya jadi berantakan.Bicara mengenai kelainan payudara, maka kita mengenal beberapa kelainan antara lain :

  1. Kelainan Kongenital (bawaan): kelainan bentuk (amastia kiri), jumlah puting susu
  2. Radang (infeksi) : mastitis,
  3. Tumor jinak : FAM, kista payudara
  4. Tumor ganas : kanker payudara

Keterangan :
a. Kelainan Kongenital

  • Amastia, kelainan bentuk ini bisa terjadi manakala payudara yang satu tidak tumbuh secara sempurna, jadi kesannya cuma memiliki 1 payudara saja.

b. Radang/infeksi

  • Mastitis lazim terjadi pada wanita yang sedang hamil ataupun menyusui walaupun pada kasus lain juga ada yang . Disebut mastitis karena pada payudaranya mengalami radang. Radang timbul bila terjadi perlukaan di payudaranya sehingga memudahkan kuman masuk dan menginfeksinya. Penyakit ini ada 2 tahap yakni tahap peradangan dan tahap abses (Jawa : wudun). Saat tahap yang pertama biasanya cukup dikompres dengan air hangat, kemudian diberikan obat penghilang rasa nyeri dan bagian yang sakit disokong dengan kain 3 sisi. Bila sudah memasuki tahap abses, maka abses itu harus dibersihkan → kemudian dikasih drain untuk mengalirkan nanah dan jaringan nekrotiknya → dibalut tekan untuk emnghentikan laktasi → diberi obat sesuai penyebabnya.

c. Tumor Jinak Payudara

  • Fibro Adenoma Mamae (FAM). Ini merupakan salah satu jenis tumor jinak payudara. Biasa timbul pada wanita usia remaja sampai dewasa muda sekitar 20 – 35 tahun. Tumor ini selain menimbulkan benjolan yang pada perabaan kenyal, tidak melekat (bisa digerakkan), rasa sakit dirasakan tapi tidak sangat. Tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi artinya saat menstruasi tidak tambah besar, puting susunya tidak memperlihatkan adanya perubahan dan sama sekali tidak ada nyeri spontan.
  • Nekrosis lemak : jenis tumor ini hampir menyerupai keganasan akan yakni teraba keras saat diraba. Cuma bedanya dengan kanker payudara adalah nekrosis lemak ini jarang sekali mengalami pembesaran. Jarang belum tentu tidak bisa membesar.

Pengobatan untuk kasus ini dilakukan dengan cara eksisi (operasi).
d. Kanker Payudara

  • Karsinoma Mamae, jenis ini merupakan jenis tumor payudra yang sangat ganas. Mengapa ada tumor yang dikatakan ganas tapi ada yang tidak (jinak) ? Hal ini disebabkan karena yang ganas itu itu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Misalnya dulunya cuma di payudara kanan tapi beberapa bulan kemudian muncul juga di kiri atau anak sebarnya menyangkut di paru-paru. Faktor resiko penyakit ini adalah : wanita yang kelamaan tidak memiliki anak (infertil). Hal ini dikarenakan ada yang saat hamil tidak mengalami ovulasi, penekanan ovulasi itulah yang dapat menekan resiko terjadinya Ca Mamae. Yang kedua adalah wanita yang anggota keluarganya ada yang sakit kanker payudara (heredofamilial).

Pengobatan untuk kasus ini tidak cukup hanya dilakukan pembedahan tetapi harus dilakukan sesuai dengan tingakat    keganasannya. Sehingga setelah dibedah kadang ada yang harus di sinar, ada yang harus menjalani kemoterapi, ada yang dilakukan operasi untuk mengambil indung telurnya (ooforektomi).

About puskespajangan

Jl. Pajangan, Sendangsari, Pajangan, Bantul Kode Pos 55751 Telp. 710 1300
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

93 Responses to TUMOR PAYUDARA

  1. Ms Sarana says:

    Sangat tertarik dengan pelbagai info mengenai kanker karena kami adalah grup relawan yang tergabung di sebuah wadah nirlaba Komunitas peduli kanker Bali. Silakan berkontak melalui email saranacinta@yahoo.com atau langsung sms pada 0812-391-9893 Ms Kurnia Ito

    • puskesmaspajangan says:

      semakin banyak grup relawan seperti Ms Sarana akan memperkecil risiko masyarakat yang terkena kanker dengan memahami dan mencegah terjadinya kasus tersebut, terimakasih telah berkunjung ke tempat kami. Mari kita saling dukung.. selamat bekerja..

  2. Jika orang sudah merasakan gejala2 tersebut, sebaiknya periksa ke dokter mana? Dokter umum atau dokter spesialis? Kalau dokter spesialis bagusnya spesialis apa. Trimakasih

  3. dede says:

    apa tumor payudara jinak bs jadi ganas??
    brp lm wktu dia bs jd ganas..harus operasi yaa.apa ga da obt tradisionalnya??
    mhn pnjlsan..trims

    • puskesmaspajangan says:

      seseorg yg pernah mengalami tumor jinak faktor resikonya akan meningkat dibanding dg yg blm pnah menderita. krn tumor jinak tsb bs dianalogikan sbg lesi prekanker. tapi harus diingat kalo tjadinya kanker ato tumor ganas itu multifaktor. jd bkn itu satu2nya sebab.
      tgantung faktor2 resiko lain yg mendasari, bisa tidak terjadi, tjadi lambat, terjadi cepat. krena itu semua lesi prakanker atau tumor jinak memang sebaiknya diambil aja. obt tradisional blh aja, walo secara empiris masih diragukan khasiatnya, karena obt tradisional kdg tidak terstandar, baik mutu pembuatan maupun dosisnya

  4. rizka says:

    terima kasih, atas infonya. boleh saya meminta info yang lebih tentang tumor jinak payudara jenis febrodenoma (FAM). apakah tumor ini bisa berubah menjadi tumor ganas? dan ada tidak obat yang dapat di konsumsi untuk pengganti operasi? terima kasih.

    • puskesmaspajangan says:

      tidak ganas, biasanya pada gadis muda. Terapinya ya diangkat. Pantangan nya minum kopi . Perbanyak konsumsi vitamin e

  5. nur qalbi says:

    terimakasih atas informasinya.

  6. Vita says:

    Ada fam payudara sebelah kanan n biasax nyeri…tapi kok sblah kiri jg nyeri ? thanks

    • puskesmaspajangan says:

      Ada benjolan apa tidak. bila ada bisa radang krn infeksi atau hanya benjolan tumor bisa hanya sebangsa lipoma/tdk ganas. nyeri bisa juga disebabkan adanya peradangan lainnya misalnya infeksi kelanjar susu. yang paling sering kalau tidak ada benjolan biasanya hanya karena peningkatan hormon pada saat akan menstruasi.

  7. wini says:

    saya memiliki benjolan di payudara setelah di USG didiagnosa FAM dextra, 3 hari yg lalu sudah dioperasi tapi hasil lab nya belum saya dapakan. saya ingin tanya: agar saya tidak terserang FAM lagi apa yg harus saya lakukan, apakah ada jenis makanan sayuran atau buah2an yg harus saya konsumsi untuk menghindari terserang FAM

  8. dian says:

    Dulu thn 2001 sdh operasi fam di payudara sblh kiri, lalu dari thn 2005 ada lg traba benjolan kenyal n bergerak2, apa sy kena fam lg? tp dr thn 2005 s.d skr msh tetap ukurannya.. bgmn sbaikya tindakan sy.. mksh

  9. Lucky says:

    makasih banyak atas infonya

  10. Elizabeth says:

    Lebih kurang udah 3th ada benjolan di payudara kiri bagian bawah. wkt pertama teraba lgsg periksa, dktr blg ga berbahaya, jd terserah mo dioperasi or ga, ga masalah. setiap 6bln usg payudara, benjolannya semakin gede(pertama segede kacang ijo). kmrn sethn br usg lg(sebenarnya selalu takut utk periksa) tepatnya sebulan yg lalu, karna selama sebln selalu keluar cairan bening(ga berbau) dan rasanya benjolan membesar. stlh usg hasilnya besarnya udah 4cm lbh(tdnya ada 2benjolan skrg jd 1), puting agak ktarik jd dktr anjurin mamografi(ronsen). stlh mammo, dktr blg ada fam n dianjurin biopsi or operasi. sama dktr langganan saya disarankan operasi aza(sebelumnya terserah saya krn ga berbahaya). saya takut sekali dgr operasi, apakah kl operasi ada resiko? apakah saya akan baik2 aza? skrg kadang2 msh keluar cairan(pernah bbrp kali cairannya agak kemerahan tp ga berbau,cuma dikit) n kadang terasa nyeri. rencana bln peb 10 saya mo operasi. Apakah benjolan ini bisa mengecil n hilang tanpa operasi? apakah pengobatan altelnatif bisa membantu? terima kasih atas jawabannya( sejak ada benjolan ini saya selalu cemas)

  11. wayan says:

    istri saya di vonis kena tumor dan masih di diagnosa dokter apa itu ganas atau tidak pertanyaan saya apa pantangan makanan seorang penderita tumor payu dara jika habis operasi untuk proses penyembuhannya

  12. vita says:

    trus pantangannya apa aja ya…? makasih sebelumnya

  13. dadah Andi says:

    satu setengah tahun lalu di payudara saya sebelah kiri ada benjolan ukuran kurang lebih 8 mm (nodul benign)dr tidak menyarankan operasi cuma disuruh jaga makanan dan sekarang ukurannya relatif tetap yaitu 8 mm apa yang harus saya lakukan ? terima kasih

  14. Adelia says:

    saya ada FAM disebelah kiri, sudah periksa ke dokter dan ternyata besarnya kira” 2cm..harus di angkat kah?
    apa ada cara penyembuhan lain selain operasi?..dan apa saja makanan/minuman yg tidak boleh dikonsumsi?
    bahayakah jika tidak cepat dioperasi?
    Mohon penjelasannya…saya sangat membutuhkannya, terimakasih.

    • puskesmaspajangan says:

      makanan yang berpengawet, berpenyedap rasa, ber pewarna, dll dapat meyebabkan gangguan kesehatan

      • Lena says:

        Ada 2 tumor jinak dpayudara sya ukuran 6x6x4 n FAM 1x1x0.6

        bagaimana mnurut anda apa sudah parah..??
        Hypoechoic apa arti na..??

  15. dewi says:

    saya mempunyai benjolan di payudara sebelah kanan saya dan itu sudah saya rasakan selama 4 tahun. saya pernah mencoba periksa ke dokter spesialis bedah kira-kira 2 tahun yang lalu dan dokter mengatakan saya terkena tumor jinak dan itu harus di operasi, tapisampai dengan sekarang saya tidak pernah melakukan hal itu (operasi). menurut anda apakah ini akan berbahaya buat saya, karena saya pun tidak merasakan sakit atau gejala-gejala yang membahayakan buat diri saya?

  16. dwi says:

    Thn 2004 saya dinyatakan ada tumor jinak di payudara sebelah kanan dan dianjurkan operasi tetapi saya blm melakukan opersi trsbut,apakah akn berbahaya jika saya tdk melakukan operasi krn saya jg tdk merasakan skt ataupun nyeri?
    Terima Kasih

    • puskesmaspajangan says:

      wallahu ‘alam. coba periksakan ke dokter spesialis kandungan yang berjenis kelamin perempuan

  17. fadlan says:

    ak punya temen yang udah lama baru ketemu lg, ternyata kabarnya kudengar dia lagi malu dan merasa pasrah dengan penyakitnya tumor patudara keadaan ini lah yang memukul batinnya tuk maju. dan dia pulah lah yang penopang kelurganya.saat kutanyai langsung ke dia dan orang tuanya mereka berobat ama dokter tapi tidak adapun kelanjutannya yang bisa menyembuhkannya. pertanyaanku dok apa bisa sembuh penyakit tersebut dok dan bagai mana cara penyembuhanya dan bagaimana pula makannan yang akan dia cerna. makasi sebelumnya

    • puskesmaspajangan says:

      tumor payudara ada yang jinak dan ada yang ganas. kalau yang ganas itulah yang saat ini terapi untuk penyembuhannya masih dalam pencarian

  18. Tia says:

    Saya berusia 18th.
    Awal january Saya pernah brobat k RS. Tp dokter hanya blng kalau saya trkena tumor. Tpi tdk d jelaskan scara detail.
    Apa dengan olahraga teratur,bnyak makan buah,minum air putih n meninggalkan gorengan dpt sedikit menyembuhkan tumor payudara?

  19. If you are a real estate professional, be really careful in dealing with KoRes Corp. in Weston Florida. Tulio Rodriguez & Monica Cataluna-Shand are shysters and look for anyway to steal ones customers. They attempt to steal your client by requesting their contact information and later contact them behind your back to get them to deal with them directly.

  20. fitri yatni says:

    saya pernah oprasi tumor payudara jinak 2 kali sktr thn 2007 & 2008, saat itu saya sedang menyusui apakah bs menurun ke anak saya atau tdk krn anak saya juga perempuan, dan apa tumor itu bs timbul lagi? terima kasih

    • puskesmaspajangan says:

      coba konsultasikan ke dokter spesialis kandungan yang berjenis kelamin perempuan. wallahu ‘alam

  21. ria says:

    Saya IRT 38 tahun dua hari terakhir timbul bintik seperti jerawat pada daerah sekitar punting payudara saya.Apakah itu bisa dikatakan gejala tumor? Apa saya harus ke dokter untuk memastikannya. Jujur saja saya takut sekali.

  22. rara says:

    ze wanita berumur 18 tahun. ze terkena tumor paydra. kata dokter ini harus d’angkat, tpi apakah tidak ada obat, ramuan tradisional, atw terapi yang dapat menyembhkan itu slain operasi ??

  23. yetty says:

    Berapa kira2 biaya operasi bedahnya tlg info nya… tx B4..

  24. irma says:

    saya punya benjolan di payudara,
    awalnya hanya sebesar kelereng,
    lama-lama semakin memebesar dan hanya bisa terasa nila di raba saja .

    saya tidak berani di operasi,
    saya hanya menjalani terapi suntik saja .

    bagaimana menurut anda?

  25. luisa says:

    dibawah payudara saya terasa sakit dan kalo diraba ada benjolan yg bila ditekan terasa sakit sekali,saya merasa itu disebabkan oleh kawat penyangga di bra.apakah hal tersebut bisa menyebabkan tumor atau kanker?
    tolong balas ke email saya,thx

  26. SRI says:

    mo nanya nih dok, klo mamary dysplasia termasuk ganas nggak dan apa pencegahannya

  27. Retty says:

    saya seorang ibu dengan 2 anak, umur saya 26 th. saat ini saya sedang menjalankan ASI eksklisif pada anak saya yg berumur 10 bln. tpi saat ini sy agak khawatir, krn payudara sy sbelh kiri seperti terdapat benjolan yg tdk rata, dan klo di pegang terasa nyeri, apa iti karena ASI yg sedang produksi (ngrangsemi-kalo Jawa), ato krn. Tomor? sebaiknya saya periksa ke dokter spesialis apa ya?? terima kasih, salam kenal…

  28. suci nuraini asrofah says:

    saya pernah opersai tumor payudara ( FAM ) satu tahun lalu
    tetapi sekarang saya merasakan gejala yg sama pada saat saya terkena tumor
    yg mnjadi pertanyaan saya
    apakah tumor payudara ( FAM ) akan bisa timbul lagi atau bisa berkembang menjadi sesuatu yang lebih ??
    mohon balasannya
    trimakasih

  29. venny says:

    tanya yaH,,,,
    lubang puting susu menimbul bintikan merah,,,
    ap kah itu tumor payudara,,,????

  30. Qiqi says:

    Besok pagi. . .
    11.30 WIB. . .
    Kujalani pengangkatan FAM,
    minta doanya ^_*

  31. nunu says:

    boleh tanya ga??
    apa ya hubungannya kopi dengan pantangan pada kanker payudara??
    thx b4
    Gb

  32. MUTHIA says:

    apakah gejala tersebut bisa dialami oleh anak usia 15 tahun?

  33. vera says:

    d payudara sebelah kiri saya ada fam,,apakah ada jalan laen untuk menyembuhkan nya tanpa harus operasi?????

  34. yanti says:

    saya pernah operasi penyakit payudara jenis fam trus klo saya pakek alat kontrasepsi suntik 3 blnan (krn saya msh menyusui) apa akan tumbuh lg??? krn kt dokter saya tdk boleh pakek alat kontrasepsi hormonal.

  35. Ambar Widiyawati says:

    apa bedanya kanker dg tumor???

  36. Ely says:

    Bagai mana dg da benjolan dpayudara kiri ukuran ya tak bertambah,keras dan bila draba berpindah2..pa yang mesti dlakukan.tolong penjelasan y dokter.terimakasih.

  37. xena says:

    dok mau nanya.di payudara kanan saya di bawah puting da benjolan yang bis di gerak2an,dl wkt sya periksa,katanya Fam.kalo di operasi bahaya ga??? n kemungkinan sembuh berapa besar? n bisa jadi kanker ga????

  38. dewi says:

    saya berumur 30 tahun, sudah mempunyai 2 anak, dan sudah 2 minggu belakangan ini saya ada benjolan di atas puting susu sebelah kiri, benjolannya bisa digerak2kan, dan awal terjadinya saat saya terkilir tangan dan langsung keluar benjolan, pertama ada benjolan memar tetapi sekarang tidak memar , hanya terlihat dari luar kalo ada benjolan, benjolannya tidak sakit, mohon sedikit penjelasannya , terima kasih

  39. moemoe says:

    aku kalo makan mie instan, bakso,bumbu penyedap rasa dan makanan – makanan ringan berbahan pengawet selalu timbul rasa nyeri pada payudara sebelah kiri apakah ini juga salah satu gejala awal tumor payudara karena jika saya raba pinggir sebelah dalam payudara sebelah kiri saya seperti ada benjolan nya. terima kasih

  40. fadli says:

    istri sy bru 3 bln dioperasi tumor payudara sblh kanan, hsl pemeriksaannya tumor jinak, skrng yg jadi masalah dipayudara sblh kanannya skrg udh ada benjolan lg, apakah hrs dioperasi lg atau gmn? ada ga y obt tradisional yg ampuh utk menyembuhkan tumor payudara?

  41. Rere says:

    Ketika gds usia 17th sy tkn tumor jinak dan d operasi,skrg usia 35 memiliki 3 org anak.adakah efek smpng ktk sy m nyusui anak2 sy?smp skrg sy blm pnh periksa lg,dulu sblm pny anak payudara sy bsr dan kencang mngp skrg payudara sy jd sangat kendur skl?

  42. kiki says:

    tahun 2009 lalu saya pernah operasi tumor payudara, dan sampai sekarang saya masih merasakan nyeri disekitar luka bekas operasi itu. saya takut .. setiap mau tidur saya meraba payudara apakah ada benjolan lagi atau tidak. rasa nyeri apakah yg saya alami? apakah ini tanda2 kangker?

  43. Asty says:

    Nama saya Asty 35 th status belum menikah . 3 bln yg lalu saya operasi tumor mamae di payudara sebelah kiri . Kurag lebih 1 bulan ini saya merasakan nyeri di payudara saya yang kiri maupun yg kanan , saya selalu SADARI namun tdk ada benjolan . terus terang saya takut untuk ngeraba . Bagaimana caranya saya bisa berpikir positif tdk takut untuk melakukan SADARI . Trus pola makan yg bagaimana yg bisa mengurangi resiko tumor/kanker payudara ini ,thx.

  44. nharina says:

    kalau ini termasuk tumor apa ya? sakit tapi tidak terlalu, hangat, ada benjolan bsa digerakan di payudar sebelah kiri. apa itu termasuk FAM? harus dioperasi tidak? kalau minum obat aja bsa smbuh ga?

  45. retno says:

    payudara saya sebelah kiri sering terasa nyeri apa itu termasuk kelinanan payudara

  46. luwes mukti says:

    ada tumor jinak di sebelah kiri payudara saya berukuran 0,55 cm kalau di raba merasakan sakit dan pasti sesak nafas,apa itu salah satu pembesaran tumor?
    kalau di diamkan saja apa akan menjadi ganas atau tidak?
    apa pantangan makanan agar tidak merasakan nyeri ?

  47. ely says:

    apakah makan lombok n santan bisa menambah rasa sakit pada tumor payyudara,,,,,, siapa aja yg tau tolong infonya ya,,, terimakasih,

  48. Aep Supandi says:

    saya punya pacar, katanya dia mempunyai benjolan di payudaranya. sudah 3 kali dibedah tapi katanya masih ada. Apa itu termasuk tumor jinak atau tumor ganas?? terus apa bisa sembuh total atau tidak? gimana cara pengobatannya? Mohon dijawab karena ini sangat penting sekali buat masa depan pacar saya dan saya. terima kasih sebelumnya

  49. ilah says:

    apa bisa penyakit FAM pada payudara bisa sembuh ?????

  50. wilda says:

    saya gadis berusia 19 tahun, tiga bulan terakhir ini saya merasa ada yang aneh dengan payudara kiri saya. ukuran payudara kiri saya lebih besar dari yang kanan, perdaan ukuran tsb sangat nampak sekali bahkan kalau dilihat sekilas pun terlihat jelas perbedaannya. setiap mandi saya selalu memeriksa payudara saya, saya merasa yg sebelah kiri lebih padat dan lebih berat ukurannya selain itu juga sering terasa nyeri. setiap malam sebelum tidur saya selalu melakukan SADARI, tapi saya tidak menemukan benjolan. hanya saja yg sebelah kiri lebih padat dan lebih keras bentuknya. sebenarnya normalkah yang saya alami ini???
    mohon penjelasannya, terimakasih

  51. hadi priyo sujono,SKep.Ns,SPd says:

    tumor payudara seberapapun besarnya pasti bikin panik yg terkena ya betul karena payudara wanita itu baik besar ataupun kecil ukuranya selalu bikin penasaran lelaki tapi kalau udah kena tumor atau ca apa masih menjadi bahan lirikan hayo …….ngaku lah para kaum pria jangan malu2

  52. dewi says:

    wanita yang menderita tumor payudara apakah boleh menyusui anak nya.
    jika boleh ada tidak efek nya buat si bayi.

  53. bisa nenulat gax penyakit kaya gitu?

  54. bisa menular gax tumor payudara tu?

  55. Atik says:

    Dok mau tany kalo trdapt benjolan keras pd payudara sblh kr trus kadang terasa nyri kdang ndak umur sy 24 thn kr2 trmask dlm kategori tumor ndk ya?

  56. maprihati says:

    saya mau tanya kenapa bentuk payudara aku gede sebelah, ini bahaya ga ea. tyus kemaren sempet nyeri di payudara kanan aku. tapi gak ada benjolan..thanks.. tolong penjelasan’a..

  57. nophee says:

    3 thn yg lalu sy di dignosa tumor jinak. tp sampai skr besarnya benjolan tidak bertambah atau besarnya tetap. tapi ada 2-3 benjolan lain yg sy rasakan. apakah benjolan itu muncul krn pengaruh tumor sbelumnya. karena tumor jinak yg pertama tidak sy angkat. mohon penjelasannya. trima kasih

  58. cici says:

    kalau terdapat benjolan di payudara sebelah kanan, dan takut memeriksakan ke dokter, bisa kah dengan melakukan mamgrafi langsung ke lab tanpa resep dokter?apa dari hasil itu dpt di ketahui?

  59. dita says:

    di payudara saya yang sebelah kanan ada semacam benjolan, cukup besar. kalo dipegang juga terasa nyeri. apa itu gejala fam ?? tolong dijawab, makasih

  60. ana says:

    kalau seandainya FAM tersebut sudah diangkat apa ada kemungkinan untuk muncul lagi?

  61. amel0l0y says:

    Sy tggu jwbn lwt email , tq

  62. yuni says:

    di payudara saya sebelah kiri terdapat benjolan kecil,sakit bila di pegang ap itu adl tumor…cra penyembuhan bagaimana selain operasi? benjolan masih kecil dan sangat keras..

  63. santika sandra prabowo says:

    betul sekali

  64. hani haeni says:

    ada benjolan di payudara kiri,sebesar telur ayam,sudah periksa ke dokter hrs terapi obat,setelah 2 bln ukurannya menjadi sebesar kacang merah,apa harus diangkat atau cukup dengan terus minum obat?lalu apakah benjolan itu akan hilang?saya tunggu jawabannya,terimakasih

  65. Terimakasih atas informasinya ,, sangat bermanfaat banget. tips nya sangat berguna.. salam kenal.

  66. ima says:

    kakak saya ada lesi solid di daerah mamae kanan. warna payudra merah di daerah areolla mamae. terlihat seperti ada edema.
    sdh di periksa. tapi katanya dokter itu hanya tumor, tapi tidak ganas. tapi sakitnya sangat sakit dirasakan. kakak saya sampai tidak kuat ntuk menahannya. dan dokternya hanya memberikan obat nd salep padahal kakak saya sudah minta untuk di operasi, untuk mengambil tumornya itu. lalu apa yg seharusnya saya lakukan untuk membantu kakak saya??
    moon di bales secepatnya. terima kasih

  67. pada payudara ada benjolan 1 th yg lwat sudah di operasi dan skrg timbul lg dgn ukuran yg agk kecil,apakah bnjolan tersebut bisa berpengaruh buruk trhadap kandungan sy,,?
    Trim’s

  68. saya baru periksa 2 minggu yg lalu dan dikatakan ada benjolan di payudara kanan ddan kiri disebutlah tumor mamae, kira2 ganas atau tidak yahh,.dan makanan apa saja yg harus saya hinddari, beserta pengobatan tradisional apa sih yg bisa saya lakukan,..apa saja pula yg boleh saya konsumsi baiknya,.. tolong kirim saya balasan ke email saya yah,.. tesagustiandra@rocketmail.com
    terima aksih

  69. siska oktavia says:

    bisakah balita terkena tumor?

  70. memey says:

    apakah jika tumor sudah diangkat (operasi) berarti sudah aman ataukah masih beresiko akan tumbuh lagi?

Silahkan tuliskan apabila ada komentar atau saran dari Anda

